Honda: Konsumsi BBM New Revo FI Capai 62,2 Km/Liter


Mengawali tahun 2014, PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan motor bebek terbarunya berteknologi injeksi, New Revo FI dengan tampilan yang lebih ramping dan sporty.

Dengan mengadopsi teknologi pengkabutan bahan bakar injeksi (PGM-FI), Honda mengklaim konsumsi bahan bakar (BBM) New Revo FI jauh lebih irit dibanding dengan model sebelumnya yakni tipe karburator, selain itu teknologi injeksi ini juga sudah memenuhi standar Euro 3.

Sementara itu untuk mesin PGM-FI yang diterapkan pada New Revo FI banyak perubahan. Untuk kompresinya ditingkatkan dari 9 ke 9,3 sehingga konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jauh lebih hemat. Ltd Motorcycle R&D Center, Jepang Fuminori Kamemizu mengungkapkan untuk konsumsi BBM New Revo FI bisa mencapai 62,2 km/liter lebih irit 23 persen dari model karburator dengan konsumsi BBM mencapai 50,7 km/liter. Pengujian bahan bakar ini merupakan hasil dari pengujian tes ECE R40

Selain itu,Honda juga mengubah volume tangki bahan bakar menjadi lebih besar yakni 4 liter dari 3,4 liter, alasannya agar pengendara dapat berkendara lebih jauh tanpa sering mengisi bahan bakar.

"Ini terjadi peningkatan konsumsi BBM sebesar 23 persen, gas buang juga jauh lebih bersih dan kapasitas tangki BBM diperbesar dari 3,4 menjadi 4 liter," kata Kamemizu di sela-sela peluncuran New Honda Revo FI di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

New Honda Revo FI dipersenjatai mesin 4 langkah, SOHC, silinder tunggal berkapasitas 109,17 cc berpendingin udara dengan transmisi 4 percapatan. Sistem pengapiannya full transisterized, tipe baterai/aki MF Battery 12V-3 Ah dan tipe businya NGK CPR6EA-95 atau ND U20EPR95.

Histats