Beberapa waktu yang lalu KTM telah resmi merilis salah satu motor Trail unggulannya berkapasitas 250cc untuk model 2014, motor trail bernama Freeride ini akan menjadi salah satu motor trail yang dihadirkan bagi para pecinta off-road.
Pada awal debutnya tahun 2011 yang lalu, motor trail KTM Freeride awal mulanya menggendong mesin berkapasitas 350 cc, tapi sekarang KTM melahirkan dalam versi mesin berkapasitas 250cc 2 Tak.
Freeride 250R 2014 diklaim merupakan motor trail paling ringan di antara para kompetitornya yang menjadi generasi ke tiga Freeride setelah versi 350cc dan versi elektrik, Freeride E. Berkat perpaduan bahan yang ringan dan kuat yang merupakan gabungan dari stainless steel dan aluminium menjadikan Freeride 250R 2014 menjadi lebih ringan.
Untuk bagian mesinnya, Freeride 250R 2014 menggunakan basis lubang intake dari KTM 250 EXC dengan 1 silinder, berpendingin cair dan disandingkan dengan transmisi 6 percepatan, selain itu Freeride 250R juga telah dilengkapi dengan starter elektrik.
KTM Freeride 250R 2014 juga menggunakan coil spring steel kopling terbaru yang diklaim lebih sempurna menyalurkan tenaga secara maksimal. Untuk system pengereman Freeride 250R menggunakan kaliper 4-piston radial-mount dengan diameter cakram 260mm untuk depan dan kaliper 2-piston dengan cakram berdiameter 210mm.
Pada bagian suspensi menggunakan merk WP dengan frok depan MXMA berdiameter 43mm dengan travel 250mm. Sedangkan untuk suspensi bagian belakang dipasok PDS DCC dengan travel mencapai 280mm.
Untuk velg berjerujinya menggunakan bahan ringan namun kuat dari aluminium dengan teromol dari CNC. Sedangkan untuk ban bergeriginya menggunakan merk Maxxis dengan tipe Trial-Maxx. Untuk harga dari Freeride 250R 2014 belum ada informasi resmi dari KTM, karena motor trail versi terbaru rencananya akan mulai dilepas ke pasar pada November, atau mungkin awal Oktober.