Mesin Bermasalah Yamaha Recall YZF-R1


Yamaha mengumumkan recall atau melakukan penarikan kembali terhadap motor sport Yamaha YZF-R1 lansiran 2010, setelah ditemukan adanya masalah pada mesin yang tidak merespon pada saat putaran tinggi.

Recall ini berlaku untuk Yamaha YZF-R1 yang beredar di Australia, Jerman dan Inggris. Dilansir motorcycle, Kamis (28/11/2013). Sementara itu, sampai berita recall ini diumumkan, R1 yang beredar di Amerika Serikat masih berstatus aman,  National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang merupakan lembaga Keamanan Jalan Raya dan Lalu Lintas di Amerika Serikat belum memberikan pengumuman mengenai recall terhadap Yamaha YZF-R1 lansiran 2010.

Informasi mengenai recall ini pertama kali dikeluarkan oleh Australian Competition & Consumer Commission. Setelah ditemukannya masalah respon pada mesin Yamaha R1 terkait dengan accelerator position sensor (APS), throttle position sensor (TPS) dan juga engine control module (ECU).

Prediksi awal permasalahan mesin ini adalah, APS dan TPS dianggap mengirimkan sinyal yang salah kepada ECU, dengan kesalahan sensor ini akan menyebabkan mesin gagal kembali ke posisi normal (idle) meskipun gas sudah ditutup.

Jumlah YZF-R1 yang direcall di Australia mencapai 85 unit dan Inggris ada 139 Unit, sedangkan untuk Jerman belum ada informasi berapa jumlah motor yang ditarik. Pihak Yamaha akan memanggil para pemilik Yamaha YZF-R1 dan mengganti perangkat kabel.

Histats