Di Indonesia, BMW R nineT Dibanderol Rp 445 juta


Motor sport bertampang jadul dari BMW Motorrad, BMW R nineT akhirnya resmi diperkenalkan di tanah air, motor sport bergaya retro ini dilepas dengan banderol Rp 445 jutaan sebelum pajak.

Tak ayal, kehadirannya sangat ditunggu para pecinta moge yang ingin tampil beda, bukan tanpa sebab, BMW R NineT merupakan hadiah ulang tahun ke 90 BMW Motorrad dengan tampilan yang berbeda dari motor sport BMW lainnya yang menyiratkan kesan sporty dan bernuansa modern.

BMW R nineT tampil dengan memadukan karakter kasar dari sebuah motor sport bermesin boxer yang menjadi ciri motor-motor sport jaman dulu, namun dengan teknologi termutahir. Tak salah jika akhirnya motor ini menjadi salah satu motor tercantik di dunia.

Dengan motor ini, BMW menyatakan kalau desain retro tidak jadul. Retro adalah genre yang bakal kembali disukai. Dengan motor ini pula BMW Motorrad ingin memenuhi keinginan para penggemar motor yang ingin mendapatkan berkendara yang menyenangkan.

BMW R nineT
diproduksi di pabrik BMW Motorrad di Berlin, bersanding dengan produksi R1200GS dan R1200RT. Seperti halnya motor-motor BMW lain, motor ini dibuat dengan seksama.

Terlebih sebelum keluar dari pabrik, berbagai aspek motor ini diuji terlebih dahulu termasuk pengujian dinamometer di mana ada lebih dari 1.000 parameter yang berbeda diukur sebelum motor bisa dilepaskan.

Bahkan untuk melahirkan motor ini, sebuah motor BMW R nineT melibatkan 21 orang pekerja yang merakitnya lewat 14 siklus perakitan.

Dan karena BMW Motorrad termasuk produsen yang sangat senang menggunakan mesin-mesin boxer di motornya, maka jangan heran kalau di jantung BMW R nineT juga terdapat sebonggol mesin boxer.

Prinsip dan desain mesin ini diklaim BMW Motorrad identik dengan mesin yang pernah digunakan oleh BMW R 32 di 1923. Hentakan torsi serta suaranya dibuat sedemikian rupa agar para pecintanya jadi ingat dengan sejarah panjang motor BMW.

Untuk jantung pacunya, BMW R nineT dibekali mesin berkapasitas 1.170 cc, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sampai 110 hp pada 7.750 rpm dengan torsi 119 Nm di 6.000 rpm. Di sebelah kiri ada knalpot dengan silincer kembar. Knalpot dari bahan titanium bikinan Akrapovic ini pun siap menghentak.

Histats