Yamaha Fino Injeksi Akan Meluncur di Indonesia ?


Beberapa bulan yang lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mendaftarkan salah satu produk motor berteknologi injeksi di Kementerian Perindustrian atas nama Yamaha 1YD. dari berita yang beredar media , Yamaha telah memperoleh ijin status selesai dari Kementerian Perindustrian. 
 

Sementara itu, jika merujuk pada kode tersebut kemungkinan besar motor yang dimaksud adalah Yamaha Fino. Jika memang benar, maka Indonesia akan kedatangan Fino terbaru dengan menggunakan teknologi injeksi.

Mengenai kemungkinan ini, Yutaka Terada selaku Direktur Utama Pemasaran Eksekutif PT Yamaha Indonesia Motor Manufactur masih merahasikannya.

Namun berbeda dengan, Dyonisius Beti, Wakil Presiden Yamaha Indonesia tidak menutup kemungkinan atas hal itu kala ditanya pada kesempatan peluncuran Fino batik.

"Mengenai FI, ini saya kembalikan kepada wanita. Kalau wanita pikir ini lebih baik FI, ya Yamaha siap. Nanti kita masukkan FI ke dalam situ," ungkap Dyonisius Beti,

Yamaha sendiri sedang mengandalkan teknologi YMJET-FI. Pihak Yamaha menyebut bahwa ada penyempurnaan dengan melibatkan lebih banyak sensor. Pada akhirnya akan menunjang performa, efisiensi, dan sekaligus juga ramah lingkungan.

Fuel injection yang dipasangkannya didukung oleh komputer ECU (Electronic Control Unit). Sebagai contoh, di mesin 125 cc-nya, tenaga meningkat menjadi 11,4 PS dibanding model sebelumnya. Juga torsi menjadi 10,4 Nm, tetapi lebih irit sekitar 20 persen.

Yamaha Fino sendiri masih mengandalkan karburator pada mesin 4-tak 2 valve, SOHC, berpendingin angin (melalui kipas) dan berkapasitas 113 cc. Mesin tersebut bertenaga 8,35 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 7,84 Nm pada 7.000 rpm. Tapi apakah Yamaha Fino Injeksi akan masuk Indonesia??kita tunggu kabar selanjutnya...

Histats