Suzuki Hayabusa Siap Mengaspal Di Indonesia


Persaingan pasar moge nasional tampaknya akan semakin ramai, setelah produsen motor seperti Kawasaki yang lebih dulu meluncurkan Kawasaki ZX14R di Indonesia disusul Yamaha yang secara resmi meluncurkan Yamaha YZF-R1 beberapa waktu yang lalu.

Kini giliran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)  yang dikabarkan akan segera meluncurkan beberapa mogenya di Tanah Air, yang salah satunya adalah Suzuki GSX-R1300 atau lebih dikenal dengan Suzuki Hayabusa pada 2014. 


Dari pantauan via TPT Kemenprin, PT SIS telah mendaftarkan beberapa mogenya di Kemenprin untuk uji tipe yang salah satunya memiliki kode GSX1300RAL3 yang merupakan kode dari Suzuki Hayabusa, moge yang pernah menyadang gelar motor tercepat didunia.

Seperti yang diungkapan Yohan Yahya selaku 2W Marketing & Business Development Departement Head PT SIS. “Beberapa motor besar sudah Suzuki daftarkan untuk uji tipe,” terangnya.

Selama ini Suzuki Hayabusa yang ada di Indonesia didatangkan langsung oleh impotir umum, bukan dari PT SIS yang merupakan pemegang merek Suzuki di Indonesia. Selain Hayabusa, Suzuki juga akan menghadirkan V-Strom 650. Masalah kapan tepatnya, Yohan masih belum bisa memastikan. “Ditunggu saja yah. Nanti pasti dikabari,” elaknya.

Mesin :
Kapasitas 1340cc, 4 langkah, 4 silinder, DOHC, pendingin cair
Bore x Stroke: 81.0 mm x 65.0 mm
Rasio Kompresi: 12.5 : 1
Fuel System: Suzuki Fuel Injection
Starter: Electronic
Transmisi: 6 kecepatan, constant mesh
Final Drive: Rantai

Chassis :
Susupensi depan Inverted telescopic, coil spring, oil damped
Suspensi belekang Link type, coil spring, oil damped
Rem depan: Brembo, Disc, twin
Rem belakang: Disc
Ban depan: 120/70ZR17M/C, tubeless
Ban belakang: 190/50ZR17M/C (73W), tubeless
Pilihan warna: Marble Daytona Yellow/Glass Sparkle Black, Glass Sparkle Black/Metallic Oort Gray, Pearl Glacier White/Metallic Oort Gray

Electrical :
Pengapian elektrik (Transistorized)

Dimensi : 
Panjang 2190 mm
Lebar 735 mm
Wheelbase 1480 mm
Ground Clearance 120 mm
Tinggi jok 805 mm

Histats