Voxan Wattman Sepeda Motor Listrik Terkuat di Dunia


Ada yang terlihat istimewa di ajang Salon de la Motor Show 2013 di Paris, yaitu hadirnya sosok sepeda motor listrik dengan tenaga paling dasyat di Dunia, Voxan Wattman. Sepeda motor listrik besutan produsen mobil listrik asal Prancis, Voxan diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 200 hp dengan torsi 147,8 ft-lb.


Voxan Wattman merupakan sepeda motor listrik pertama Voxan yang sudah mulai menjauhi diri dari mesin V-Twin berkat pemilik barunya yang merupakan produsen mobil listrik, Venturi Automobiles.

Motor yang direkayasa di Monaco dan diproduksi di Perancis ini mampu melaju hingga kecepatan 170 km/jam dengan  akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik. Voxan Wattman memiliki bobot 350 kg yang sebagian besar bobotnya bersumber dari baterai lithium-ion 12,8 kWh yang diklaim mampu berlari hingga 178 km dalam keadaan baterai terisi penuh. 

Selain itu, Voxan Wattman ini juga dibekali dengan soket Combo II untuk mengisi ulang baterainya dengan cepat, yakni mencapai 80 persen hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Rencananya Voxan Wattman akan diproduksi dalam skala kecil dan dibuat hanya berdasarkan pesanan. Namun sayang, pihak Voxan tidak menyebutkan perihal harga motor ini.

Histats