Honda Racing Corporation (HRC) secara resmi meluncurkan motor sport terbarunya Honda RCV1000R. motor sport terbaru Honda ini dirancang untuk bisa bersaing di kelas Open prototipe MotoGP.
Rancangan RCV1000R didasarkan pada Honda RC213V yang saat ini ditunggangi oleh Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Tidak ada perbedaan yang menonjol antara RC213V dengan RCV1000R, keduannya menggunakan sasis yang sama dan menggendong mesin V4 dengan sudut 90 derajat. Dapur pacunya mampu menyemburkan daya mencapai 234 tenaga kuda pada putaran mesin 16.000 RPM.
Perbedaan yang paling mencolok adalah, untuk mesin RCV1000R masih menggunakan katup pegas tradisional. Sedangkan pada RC213V gas diaktifkan secara neumatik. Perbedaan yang lainnya adalah kurang mulusnya gearbox pada RCV1000R.
Sementara itu, untuk suspensi depan dan belakang dari RCV1000R ini dipasok oleh ohlins dan sistem pengeremannya menggunakan Nissin. Tapi jika ada tim balap yang membeli Honda RCV1000R bisa menukar bagian-bagian tersebut.
selain itu pada regulasi kelas Open ini mengatur bahwa setiap tim menggunakan RCV1000R. Juga menerapkan perangkat keras dan lunak Magneti Marelli ECU. Pembalap memiliki 12 mesin yang bisa digunakan setiap musimnya.
Honda sudah mendapatkan empat pemesan Honda RCV1000R tersebut. Tim Aspar telah membeli dua mesin untuk Nicky Hayden, sedangkan pembalap keduanya akan segera diumumkan.
Rancangan RCV1000R didasarkan pada Honda RC213V yang saat ini ditunggangi oleh Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Tidak ada perbedaan yang menonjol antara RC213V dengan RCV1000R, keduannya menggunakan sasis yang sama dan menggendong mesin V4 dengan sudut 90 derajat. Dapur pacunya mampu menyemburkan daya mencapai 234 tenaga kuda pada putaran mesin 16.000 RPM.
Perbedaan yang paling mencolok adalah, untuk mesin RCV1000R masih menggunakan katup pegas tradisional. Sedangkan pada RC213V gas diaktifkan secara neumatik. Perbedaan yang lainnya adalah kurang mulusnya gearbox pada RCV1000R.
Sementara itu, untuk suspensi depan dan belakang dari RCV1000R ini dipasok oleh ohlins dan sistem pengeremannya menggunakan Nissin. Tapi jika ada tim balap yang membeli Honda RCV1000R bisa menukar bagian-bagian tersebut.
selain itu pada regulasi kelas Open ini mengatur bahwa setiap tim menggunakan RCV1000R. Juga menerapkan perangkat keras dan lunak Magneti Marelli ECU. Pembalap memiliki 12 mesin yang bisa digunakan setiap musimnya.
Honda sudah mendapatkan empat pemesan Honda RCV1000R tersebut. Tim Aspar telah membeli dua mesin untuk Nicky Hayden, sedangkan pembalap keduanya akan segera diumumkan.