Selain memperkenalkan Honda CBR650F dan CB560F di EICMA Show 2013, Honda juga merilis Honda VFR800F 2014 dengan beberapa penyegaran pada dapurpacu ataupun pada desain bodinya.
Tampilan Honda VFR800F 2014 terlihat lebih ramping dari model sebelumnya dengan model lampu tunggal yang terlihat lebih menarik, selain itu diatas lampu terdapat windshield dengan ukuran cukup besar yang berfungsi melindungi pengendara dari terpaan angin. Untuk model lampu belakang VFR800F 2014 menggunakan lampu LED sehingga lebih terang.
Sementara untuk dapurpacu, Honda VFR800F 2014 dibekali mesin berkapasitas 782cc 4 silinder, DOHC dengan konfigurasi V yang mirip dengan Honda RC213V yang digunakan di arena balap MotoGP. Selain itu Honda juga menyematkan teknologi VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) yang biasanya dipakai pada mobil Honda.
Teknologi VTEC berfungsi menjadikan performa mesin jadi lebih efisien, pada saat mesin berjalan diputaran rendah hanya dua klep yang bekerja pada masing masing silinder, satu klep buang dan satu klep hisap, namun setelah mesin bekerja dalam putaran tinggi semua klep akan bekerja, sehingga performa mesin lebih efisien. Selain fitur VTEC, Honda VFR800F 2014 juga dilengkapi dengan Traction Control System (TCS).
Sementara pada sector kaki-kaki Honda VFR800F 2014, untuk shock depan menggunakan model teleskopik dengan teknologi Honda Multi-Action System (HMAS). Untuk bagian belakang menggunakan model monoshoc. Untuk velg depan dan belakang menggunakan Fine Die-Cast (FDC) yang terbuat dari alumunium yang dibalut Ban 120/70-17 untuk depan dan ban 180/55-17 untuk belakang.
Untuk penghenti laju roda depan menggunakan rem double cakram berdiameter 310 mm kaliper empat piston Sementara belakang menggunakan cakram tunggal dengan diameter 365 mm kaliper dua piston. Selain itu Honda VFR800F generasi terbaru ini juga dilengkapi dengan teknologi Anti Lock Braking System (ABS).