Yamaha Akan Stop Produksi Scorpio Z


PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berencana akan menghentikan produksi salah satu motor sport nya, Yamaha Scorpio. Hal ini dilakukan karena terus merosotnya angka penjualan Yamaha Scorpio Z, untuk bulan lalu saja, Scorpio Z menjadi model motor sport yang paling kecil angka penjualannya.

Untuk bulan November 2013, angka penjualan tertinggi di dominasi New V-ixion dengan angka penjualan mencapai 45.652 unit diikuti Yamaha Byson dengan penjualan mencapai 5.809 unit, sedang untuk Yamaha Scorpio Z hanya mampu terjual 399 unit. Dengan angka penjualan yang terus merosot, membuat Yamaha Indonesia bersiap untuk menghentikan produksi motor sport bergaya touring ini secara bertahap.

"Rencananya produksi Scorpio akan dihentikan tapi secara bertahap, tidak langsung berhenti," jelas Dyonisius Beti, Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di sela-sela acara Indonesia Japan Expo 2013 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/12/2013).

Sementara itu, Dyonisius juga menambahkan, dengan rencana Yamaha Indonesia yang akan meluncurkan motor sport Yamaha R25 pada tahun depan, maka peta pasar akan berubah dan besar kemungkinan peminat Scorpio akan beralih ke model terbaru tersebut. "Kalau model baru (R25) keluar mungkin konsumen akan pindah kesana," tambahnya.

Lebih lanjut Dyonisius mengatakan, Yamaha akan merilis Scorpio Edisi Spesial dengan warna Black-Gold sebagai model terakhir dari Yamaha Scorpio.

"Nanti akan ada Scorpio Spesial Edition dengan warna Black-Gold. Model ini nanti akan diproduksi secara terbatas paling 500 unit se-Indonesia secara bertahap." terangnya.

Histats