Yamaha Ajukan Paten YZF-R3, Apakah Motor Bermesin 300 cc?


Yamaha diberitakan tengah mengajukan paten baru untuk YZF-R3 dan R3 di pasar Eropa dan Amerika Serikat yang sudah diajukan pada 6 Januari 2014 yang lalu dengan status masih dipelajari. Tapi sayang belum ada informasi detail untuk model jenis apa julukan YZF-R3 ini karena dalam trademark tersebut hanya dijelaskan kalau nama YZR R3 dan R3 ini akan digunakannya untuk sepeda motor, skuter, skuter roda 3 dan suku cadang.

Sperti dilansir Motorcycle.com, Jumat (17/1/2014), nantinya setelah nama itu resmi dipatenkan maka Yamaha akan segera merilisnya.

Tapi jika merujuk pada nama YZF-R3 dan R3, kemungkinan besar merupakan motor baru yang akan mengusung mesin berkapasitas 300 cc, seperti pada penamaan model motor Yamaha lainnya, seperti R6 yang mengadopsi mesin 600 cc, jadi kesimpulannya, angka pada sebutan YZF-R3 menunjukkan besaran kapasitas mesin bukan merupakan motor dengan mesin 3 silinder. Karena seperti yang kita ketahui, Yamaha sudah mencangkokan mesin 3 silinder pada naked baike MT-09. Jadi kemungkinan besar sebutan YZF-R3 untuk motor baru bermesin 300cc.

Untuk saat ini, Yamaha memang belum memiliki varian motor berkapasitas mesin 300 cc, seperti yang dimiliki para kompetitornya seperti Honda, yang memiliki CBR300R dan Kawasaki dengan Ninja 300, jadi sangat memungkinkan jika Yamaha memutuskan juga akan ikut bersaing di segmen kelas 300cc.

Jadi kemungkinan sangat kuat kalau sebutan untuk YZF-R3 akan menjadi model sportbike Yamaha bermesin 300 cc. tapi itu semua hanya merupakan prediksi yang merujuk pada penggunaan nama yang disematkan pada beberapa varian sport bike Yamaha, hal ini yang menjadi alasan kalau sebutan YZF-R3 akan disematkan pada sportbike baru Yamaha. Penasaran, Kita tunggu kabar selanjutnya.

Histats