Tips Merawat Knalpot Motor

Tips Merawat Knalpot Motor - Knalpot merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor  dimana komponen ini berfungsi sebagai penyalur gas buang yang dihasilkan dari sisa pembakaran pada mesin. Selain itu knalpot juga menunjang penampilan motor anda.  Maka dari itu Knalpot juga memerlukan perawatan khusus agar tidak cepat kropos dan tetap awet.berikut ini adalah Tips Merawat Knalpot Motor, agar Knalpot tetap awet dan tidak cepat keropos :

1. Bersihkan kerak knalpot.
Bersihkan kerak sisa pembakaran pada pada leher knalpot, agar tidak mengganggu pelepasan gas buang. Kerak knalpot akan menumpuk jika tidak di bersihkan, apalagi pada motor 2 tak yang menggunakan oli samping.

2. Periksa kebocoran dari paking knalpot.
Periksa dan ganti apabila paking knalpot rusak. Apabila paking knalpot yang rusak akan mengakibatkan sebagian gas buang keluar lewat paking antara knalpot dan mesin. Sehingga tendangan balik yang dihasilkan knalpot tidak akan maksimal.

3. Periksa kekencangan baut pegangan knlpot.
Pemeriksaan kekencangan baut pegangan knalpot sangat di perlukan, karena apabila baut longgar dapat mengakibatkan patahnya knalpot karena getaran yang di hasilkan mesin.

4. Beri oli bekas secukupnya pada knalpot.
Untuk menanggulangi karat yang biasanya menyerang knalpot 4 tak, para pemilik motor biasanya menuangkan sedikit oli ke dalam knalpot.

5. Periksa lubang pembuangan air pada knalpot.
Sambil memberi oli pada knalpot anda periksa juga lubang pembuangan air pada knalpot, jika tersumbat tusuk pakai lidi atau paku. Apabila lubang pembuangan air pada knalpot tersumbat dapat mengakibatkan terjadinya karat.

6. Olesi oli bekas pada leher knalpot yang berkarat.
Biasanya pada leher knalpot motor underbone (bebek) di serang karat terlebih dahulu. Itu diakibatkan karena percikan air hujan dan kotoran dari roda depan langsung menuju leher knalpot.

Untuk mengatasinya olesi oli bekas ke leher knalpot yang karatan dan panaskan mesin selama 15 menit atau lebih efektifnya oleskan oli bekas pada saat anda  berkendara. Biarkan apabila keluar asap putih dari oli yang kita oleskan tadi, lama kelamaan karat akan rontok sendiri. Ulangi setiap 3 hari sekali agar karat cepat rontok. Demikian Tips Merawat Knalpot Motor, semoga bermanfaat.

Histats